6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Supaya Tetap Sehat

6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Supaya Tetap Sehat
6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Supaya Tetap Sehat

Hondausacar.com6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Supaya Tetap Sehat. Sering kali beberapa orang lupa pentingnya menjaga kesehatan mata.

Bahkan, kebiasaan sehari-hari seperti menatap layar gadget, hingga hobi membaca dalam gelap bisa membahayakan kesehatan mata kalian akan bermasalah.

Jika dibiarkan berlanjut, bukan tidak mungkin seiring waktu kemampuan penglihatan Anda menurun. Oleh karena itu, perhatikan cara-cara sederhana di bawah ini untuk menjaga kemampuan melihat dan menjaga kesehatan mata Anda.

Cara Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Merawat kesehatan mata tidak perlu cara yang mahal dan rumit. Sebagian besar tips di bawah ini bahkan dapat Anda lakukan di mana saja dan kapan saja karena cara di bawah sangat gampang.

Berikut berbagai cara mudah yang bisa anda coba mulai sekarang agar mata selalu sehat dan terjaga:

1. Makan Makanan Bergizi

Cara termudah untuk menjaga kesehatan mata Anda adalah dengan mengonsumsi makanan sehat untuk mata. Isi piring makan Anda setiap hari dengan sumber makanan tinggi asam lemak omega-3, seng, vitamin A, Hingga karotenoid.

Karotenoid termasuk dalam keluarga antioksidan yang tidak hanya baik untuk mata, tetapi juga mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Baca Juga: Inilah Peluang Bisnis yang Lagi Happening di 2022

Anda dapat memenuhi semua asupan gizi ini dari makanan yang sehat untuk mata, seperti wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau (bayam, sawi, brokoli, lobak), kacang-kacangan, telur, ikan berlemak (salmon, tuna, sarden), dan sebagainya.

Menjaga pola makan juga bermanfaat agar anda terhindar dari risiko obesitas serta penyakit seperti diabetes tipe 2, yang merupakan salah satu penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.
.

2. Gunakan Kacamata Hitam di Luar Ruangan

Bukan hanya kulit anda yang perlu Anda rawat saat Anda berada di tempat terbuka, itu juga mata Anda. Namun, tentu saja, ini dilakukan dengan cara yang berbeda.

Ketika cuaca panas atau bahkan sedikit berawan sekalipun, Anda harus memakai kacamata hitam untuk melindungi mata Anda dari paparan sinar matahari. Kacamata yang dilengkapi dengan lensa anti radiasi dapat membantu melindungi mata Anda.

Read  Inilah Cara Meningkatkan Jualan Online di Tahun 2022

Paparan radiasi UV yang berlebihan meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula. Oleh karena itu, pilihlah kacamata yang dapat menghalangi sinar UVA dan UVB hingga 99 persen.

Baca Juga: The Best Ways to Learn a Programming Language or Framework

Pastikan lensa dapat melindungi mata Anda secara keseluruhan dengan memilih lensa yang menutupi mata Anda dari depan dan samping. Kacamata hitam berkualitas baik dapat mengurangi silau saat mengemudi sehingga tidak membuat mata Anda sakit.

3. Memakai Kacamata Saat Berenang

Masih banyak orang yang mungkin meremehkan pentingnya memakai kacamata renang untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan, dengan penggunaan yang tepat, kacamata renang berguna untuk mencegah dari risiko iritasi dan alergi akibat paparan berbagai bakteri.

Plus, penggunaan kacamata renang juga membantu Anda melihat dan lebih sadar akan kondisi sekitarnya saat berada di dalam air. Selain itu, kacamata renang juga akan menjadi penghalang benda asing agar tidak melukai mata Anda.

Orang yang memiliki mata kering, mata sensitif, gangguan penglihatan (seperti mata plus atau minus), atau baru sembuh dari penyakit mata tertentu juga harus selalu memakai kacamata renang. Anda dapat meminta resep khusus dari dokter mata Anda dan memesan kacamata renang khusus.

4. Cukup Tidur

Memiliki tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan mata yang akan mempengaruhi dalam meningkatkan penglihatan. Tidur dapat membantu mata Anda untuk beristirahat sepenuhnya.

Setelah seharian beraktivitas, mata perlu waktu untuk memperbaiki dan memulihkan diri. Ketika Anda kurang tidur, secara otomatis mata tidak memiliki cukup waktu untuk beristirahat.

Baca Juga: Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 2022 1443 h, Dengan Twibbon Gratis

Plus, kurang tidur dapat menyebabkan mata gatal, kering, dan bahkan mata memerah. Ini karena mata tidak menghasilkan cukup air mata karena kurang tidur. Akibatnya, mata juga berisiko terkena infeksi.

Read  Inilah Cara Meminjam Pulsa Darurat Telkomsel Dengan Mudah

5. Olahraga Teratur

Cara lain yang tidak kalah penting untuk menjaga mata agar tetap sehat adalah dengan berolahraga secara teratur. Bagaimana bisa begitu? Banyak penyakit mata atau gangguan yang berhubungan dengan masalah kesehatan lainnya.

Seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi. Nah, aktivitas fisik yang cukup dapat menjauhkan Anda dari risiko penyakit ini, sehingga mata Anda selalu sehat.

Olahraga juga dapat menurunkan risiko glaukoma hingga 25%. Plus, berolahraga 3 kali seminggu juga mengurangi kemungkinan Anda mengembangkan degenerasi makula di usia tua.

Anda tidak perlu melakukan olahraga berat atau intensitas tinggi. Aktivitas sederhana seperti berjalan dan naik turun tangga juga sudah cukup, apalagi jika dilakukan secara teratur.

6. Pemeriksaan Mata Rutin

Pemeriksaan mata tidak hanya dilakukan ketika Anda sudah memiliki gangguan mata. Namun, ini perlu dijadikan kebiasaan dan dilakukan secara berkala. Pemeriksaan mata dapat membantu memantau seberapa baik kinerja penglihatan Anda.

Serta mendeteksi masalah mata sejak dini. Bahkan jika Anda tidak memiliki gejala atau keluhan saat ini, pemeriksaan yang tepat dapat membantu Anda mengetahui apakah ada gangguan mata yang tidak menunjukkan gejala.

Baca Juga: Kunyit Dan Bangle Bisa Mengatasi Sakit Mata

Ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata Anda. Mulailah berkomitmen untuk melakukan tips di atas, agar mata Anda selalu sehat dan bisa melihat dengan baik.

Akhir Kata

Itulah 6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Supaya Tetap Sehat semoga dengan pembahasan kami di atas dapat bermanfaat untuk kalian semuanya, sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.