Bagaimana Cara Membuang Plastik Kemasan Berbahan PLA?

Plastik kemasan adalah produk yang sangat umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penggunaan plastik kemasan tradisional memiliki dampak negatif pada lingkungan karena mereka tidak mudah terurai dan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai di alam. Oleh karena itu, para ilmuwan telah mengembangkan plastik kemasan baru berbahan baku tanaman yang lebih ramah lingkungan, disebut PLA (Polylactic Acid). Namun, bagaimana cara membuang plastik kemasan berbahan PLA?

Bagaimana Cara Memahami Plastik Kemasan Berbahan PLA?

PLA adalah jenis plastik biodegradable yang terbuat dari bahan baku tanaman seperti jagung atau pati kentang. Ini adalah alternatif yang lebih baik daripada plastik konvensional karena dapat terurai dengan cepat dan mudah di alam, meskipun ini tergantung pada kondisi lingkungan dan temperatur. Selain itu, proses produksi PLA menghasilkan emisi gas rumah kaca yang lebih rendah dibandingkan dengan proses produksi plastik konvensional.

Mengapa Harus Memilih Plastik Kemasan Berbahan PLA?

Plastik kemasan berbahan PLA menjadi pilihan yang baik untuk pengganti plastik konvensional karena alasan-alasan berikut:

  • Dapat terurai dengan cepat di alam
  • Lebih ramah lingkungan
  • Mampu mengurangi emisi gas rumah kaca
  • Dapat didaur ulang
  • Biodegradable

Bagaimana Cara Memanfaatkan Plastik Kemasan Berbahan PLA?

PLA biasanya digunakan untuk membuat kantong belanja, kemasan makanan, kemasan produk, dan botol. Saat memilih produk yang menggunakan plastik kemasan berbahan PLA, kita harus memastikan bahwa produk tersebut benar-benar terbuat dari bahan ini, dan menghindari produk yang hanya menggunakan sedikit campuran PLA.

Bagaimana Cara Membuang Plastik Kemasan Berbahan PLA?

Untuk membuang plastik kemasan berbahan PLA, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Kompos

Cara yang paling umum digunakan adalah dengan mengompos plastik kemasan berbahan PLA. Ini karena plastik ini mudah terurai di lingkungan yang memadai, dan dapat menjadi pupuk yang baik untuk tumbuhan.

2. Tempat Sampah Organik

Jika Anda tidak memiliki taman atau tempat pengomposan, maka tempat sampah organik adalah tempat yang tepat untuk membuang plastik kemasan berbahan PLA. Plastik ini akan terurai di tempat sampah organik dan membantu menghasilkan pupuk alami.

3. Tempat Sampah Plastik

Jika Anda tidak memiliki akses ke tempat pengomposan atau tempat sampah organik, Anda bisa membuang plastik kemasan berbahan PLA di tempat sampah plastik biasa. Namun, pastikan untuk memilih tempat sampah yang sesuai dan jangan mencampurkannya dengan sampah yang tidak terurai.

4. Daur Ulang

Selain membuang ke tempat sampah, plastik kemasan berbahan PLA juga bisa didaur ulang. Namun, saat ini masih jarang ada fasilitas daur ulang yang mampu mendaur ulang plastik berbahan PLA, sehingga pilihan ini masih terbatas.

5. Pembakaran

Pilihan terakhir adalah dengan membakar plastik kemasan berbahan PLA. Namun, cara ini tidak disarankan karena dapat menghasilkan polusi udara yang berbahaya. Oleh karena itu cara yang paling efektif dalam membuang plastik kemasan berbahan PLA adalah  dengan mendaur ulang.

Plastik kemasan berbahan PLA memberikan alternatif yang lebih ramah lingkungan dan dapat membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan dari penggunaan plastik kemasan konvensional. Untuk membuang plastik kemasan berbahan PLA, ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti mengompos, membuang ke tempat sampah organik, tempat sampah plastik yang sesuai, dan mendaur ulang. Namun, pilihan yang paling efektif tetaplah dengan mendaur ulang. Dengan memilih dan membuang plastik kemasan berbahan PLA dengan benar, kita dapat membantu menjaga lingkungan kita tetap bersih dan sehat untuk generasi mendatang.