Cara Beli Mobil Dengan Gaji Pas-Pasan 3 Juta

Punya Gaji Kecil? 2 Juta? 3 Juta? 4 Juta? Intinya punya gaji pas-pasan tapi ingin membeli mobil? Anda sudah berada di aritkel yang tepat! Bagi sebagian orang yang tinggal di kota besar, memilih menggunakan motor untuk berangkat kerja ke kantor merupakan pilihan terbaik. Tapi bagi sebagian orang yang lain, menggunakan mobil tetaplah menjadi pilihan yang terbaik. Walaupun tidak bisa selincah motor, namun menggunakan mobil memiliki kelebihan yaitu Anda terbebas dari polusi dan tentunya tidak kepanasan serta tidak juga kehujanan.


Sedangkan alasan bagi sebagian orang yang lain yaitu membeli mobil dapat meningkatkan kualitas kehidupan khususnya di kota besar. Tapi kita perlu realistis juga. Harga mobil tidak lah murah, itulah yang membuat tidak semua orang bisa membeli mobil dengan mudah. Lalu, bagaimana nasib karyawan seperti kita yang hanya memiliki gaji 3 juta per bulan? Apakah mungkin membeli mobil dengan harga puluhan hingga ratusan juta rupiah?
Jawabannya tentu sangat mungkin! Dengan kerja keras, ketekunan, dan perhitungan yang tepat tentu Anda dan teman-teman sekalian tetap bisa membeli mobil meskipun gaji tiap bulan terbilang pas-pasan. Bagaimana caranya? Simak saja ulasan cara membeli mobil dengan gaji pas-pasan 3 juta setiap bulan ini!

BELI MOBIL DENGAN GAJI PAS-PASAN BAGI KARYAWAN KANTOR

Sebelum membeli mobil, yang paling utama ialah menentukan jenis mobil yang hendak Anda beli. Dari jenis Anda bisa langsung menuju ke harga. Nah, untuk urusan yang satu ini Anda harus jujur pada diri sendiri dan yang paling penting adalah Anda harus realistis. Maksunya begini, jika gaji Anda tiap bulan saja masih 3 juta atau 4 juta, tentu tidak masuk akal jika Anda ingin membeli mobil merk Mercedes Benz ataupun BMW. Benar kan?

Yang dimaksud dengan realistis adalah menyesuaikan pendapatan bulanan Anda dengan harga mobil yang ada dipasaran. Pilihannya tentu jatuh pada jenis mobil LGCC atau Low Cost Green Car yang pada umumnya dijual dengan rentang harga antara 80 juta rupiah hingga 130 juta rupiah. Apakah mungkin dengan gaji 3 juga membeli mobil dengan harga minimal 80 juta? Nanti kami ulas perhitungannya dibawah.

Cara Membeli Mobil Dengan Gaji Pas-Pasan
Cara Membeli Mobil Dengan Gaji Pas-Pasan


Untuk mobil segmen Low Cost Green Car ini ada beberapa merk yang dapat Anda jadikan pilihan, misalnya saja Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Brio Satya, Suzuki Karimun Wagon R, Datsun Go+ Panca dan Datsun Go hatchback. Cukup banyak juga kan pilihannya? Tinggal disesuaikan saja antara pilihan dengan selera dan kebutuhan Anda, karena masing-masing mobil memiliki kelebihannya sendiri-sendiri.

CARA MEMBELI MOBIL DENGAN GAJI 3 JUTA, 4 JUTA, INTINYA GAJI PAS-PASAN

Menentukan pilihan mobil mana yang hendak dibeli memang mudah. Nah, yang sulit adalah bagaimana cara membayar mobil tersebut yang harganya bisa 80 juta bahkan lebih. Untuk mengumpulkan uang sampai sebanyak itu tentu dibutuhkan waktu bertahun-tahun dan sangat lama. Saat uang Anda sudah mencapai jumlah tersebut mungkin saja mobil yang Anda incar saat ini malah sudah tidak diproduksi lagi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, saat ini Anda tidak perlu harus menunggu uang terkumpul lebih dahulu untuk membeli sesuatu termasuk membeli mobil. Ada banyak bank dan lembaga pembiayaan yang menyediakan fasilitas kredit yang dapat mempermudah Anda mewujudkan keinginan membeli mobil meskipun gaji 3 juta bahkan ada yang gajinya 2 juta rupiah per bulan.

Anda dapat memilih untuk mengambil kredit dengan cicilan jangka panjang, misalnya saja kredit untuk jangka 7 hingga 8 tahun. Nah, yang perlu diketahui ialah biasanya fasilitas kredit jangka panjang ini banyak ditawarkan saat pameran kendaraan. Ini berarti kamu harus sering berburu tempat-tempat berlangsungnya pameran kendaraan.

Kenapa cara membeli mobil dengan gaji pas-pasan harus dengan memilih fasilitas kredit jangka panjang? Alasannya adalah karena pada umumnya kredit jangka panjang menawarkan jumlah cicilan yang lebih ringan dan tentunya memberikan uang muka yang kecil. Disinilah letak kelebihan dari kredit jangka panjang, meskipun jika dihitung-hitung nilai totalnya bisa jauh lebih mahal dibanding beli mobil secara tunai. Tapi tidak jadi masalah dong, karena posisi Anda memang tidak memiliki uang tunai. Sip?

STRATEGI CARA MEMBELI MOBIL DENGAN GAJI PAS-PASAN 2 JT, 3 JT, 4 JT

Membeli mobil dengan uang yang pas-pasan memang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Kenapa begitu? Karena disini Anda harus benar-benar cerdik. Misalnya saja, jika Anda bekerja di kota, Anda dapat mempertimbangkan untuk dilaju pulang balik, tidak perlu kontrak rumah ataupun sewa kamar kost di kota. Dengan Anda tentu akan menjadi lebih hemat.

Kalau mau jujur, saat ini biaya untuk tempat tinggal di kota terbilang tinggi. Tidak percaya? Untuk daerah pinggiran Jakarta saja biaya kontrak rumah sudah membutuhkan minimal 1 juta hingga 2 juta rupiah per bulan. Sedangkan untuk sewa kamar kost sudah mencapai 500 ribu rupiah tiap bulan. Jika gaji Anda hanya 3 juta, tentu biaya tempat tinggal sangat menguras pendapatan Anda.

Katakan saja gaji Anda 3 juta rupiah setiap bulan. Anda dapat menyisihkan separuhnya, yaitu 1,5 juta rupiah untuk memenuhi kebutuhan bulanan Anda. Misalnya saja, Anda dapat mengalokasikan uang 800 ribu sebagai uang makan, 300 ribu sebagai uang transport pulang pergi ke kantor bisa naik kendaraan umum ataupun bisa dijadikan uang bensin jika Anda naik motor, 50 ribu untuk uang pulsa, 250 ribu untuk jajan serta memenuhi kebutuhan hiburan Anda tiap bulan, dan sisa 100 ribu dapat dijadikan simpanan untuk keperluan darurat.

Dengan perhitungan seperti itu, saat ini setiap bulannya Anda bisa menabung 1,5 juta rupiah dengan kebutuhan harian Anda tetap bisa terpenuhi. Lantas berapa sebenarnya cicilan mobil yang harus dibayarkan setiap bulannya??

SIMULASI CARA MEMBELI MOBIL DENGAN GAJI PAS-PASAN 2 JUTA DAN 3 JUTA

Sekarang kita mulai melakukan simulasi perhitungan. Kalau saja harga mobil yang hendak Anda beli ialah 100 juta rupiah, dengan uang muka atau DP 20 persen, maka jumlah uang muka yang harus dibayar ialah 20 juta rupiah. Nah, selanjutnya jika diasumsikan bahwa bunga per bulan ialah 6% maka cicilan yang harus Anda setorkan ialah 1,4 juta rupiah per bulan. Cukup sekali kan?

Selanjutnya, yang harus Anda siapkan adalah dana untuk membayar uang muka. Andaikata sesuai dengan perhitungan diatas, bahwa uang muka yang harus dibayar ialah 20 persend dari harga mobil, berarti jumlahnya 20 juta rupiah. Nah, disini Anda harus cerdik. Karena Anda berniat kredit, sebaiknya mintalah keringanan lagi, misalnya Anda dapat meminta cashback, minimal 10 juta rupiah, sehingga akhirnya Anda cukup membayar 10 juta rupiah sebagai uang mukanya.

Nah, pertanyaan selanjutnya, lalu kapan Anda dapat membeli mobil seharga 100 juta rupiah tersebut? Sekarang begini, tiap bulan Anda bisa menyisihkan 1,5 juta rupiah. Jika uang muka yang harus dibayarkan sebesar 20 juta, maka Anda dapat menabung dulu sekitar 13-14 bulan untuk mendapatkan uang senilai 20 juta.

Namun jika uang mukanya hanya 10 juta rupiah, tentu waktu yang Anda butuhkan untuk mengumpulkan dana untuk membayar uang muka tentu lebih singkat yaitu sekitar 6-7 bulan saja. Dengan melakukan perhitungan seperti ini, tentu pikiran Anda menjadi lebih terbuka, bahwa untuk membeli mobil seharga 100 juta dengan gaji bulanan 3 juta itu masih realistis kok. Iya kan?

CARA MEMBELI MOBIL DENGAN GAJI 2 JUTA, 3 JUTA, 4 JUTA YAITU CARI TAMBAHAN PENGHASILAN

Dari perhitungan diatas, Anda sudah dapat membeli mobil dengan kebutuhan yang tetap tercukupi. Namun, alangkah lebih baiknya jika Anda juga mencari penghasilan tambahan agar keuangan Anda lebih stabil lagi. Untuk jenis pekerjaan, Anda bisa mencari yang sesuai minat saja. Tapi sekalipun ini usaha sampingan, usahakan Anda tetap mencari pekerjaan dengan gaji atau pendapatan minimal 500 ribu rupiah.

Apasaja pekerjaan yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Tentu ada banyak sekali. Misalnya saja Anda dapat berjualan pulsa, jualan makanan ringan, jualan pernak-pernik aksesoris HP, jualan dropship, atau seperti yang sedang populer saat ini, Anda dapat pula mencari penghasilan tambahan dengan menjadi driver ojek online jika punya motor sendiri.

Nah, itulah ulasan lengkap cara beli mobil dengan gaji pas-pasan. Jadi, meskipun gaji Anda pas-pasan, baru 2 juta, 3 juta, atau 4 juta rupiah per bulan pun Anda tetap bisa membeli mobil asalkan Anda mau bekerja keras, tekun, dan cerdas! Ingin tau mobil keluaran terbaru? Ingin tau update harga mobil terbaru? Segera lihat koleksi artikel kami dan dapatkan informasinya!

Induk Perusahaan Google Temui Pejabat Pajak Indonesia

Jakarta - Eksekutif senior Alphabet, induk perusahaan Google, dari kantor pusat Asia Pasifik dikabarkan telah bertemu dengan pejabat kantor pajak Indonesia. Demikian dikabarkan sumber terkait yang dikutip detikINET dari Reuters.Kedatangan para bos Alphabet itu adalah...

Agar Tak Dikejar Pajak, Selebgram Hingga Youtubers Bisa Ikut Tax Amnesty

Malang - Selebgram hingga youtubers diincar untuk membayar pajak. Namun, jika mereka selama ini tidak pernah lapor dan membayar pajak, maka bisa mengikuti program tax amnesty yang sedang bergulir saat ini."Kalau mereka sudah lama nggak pernah lapor dan nggak pernah...

Amnesti Pajak Sumbang Kenaikan Rasio Pajak 1,08% Terhadap PDB

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kadin bidang Kebijakan Moneter, Fiskal, dan Publik, Raden Pardede mengatakan, pelaksanaan amnesti pajak pada tahun ini akan meningkatkan rasio pajak 1,08% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Dan ini merupakan bentuk usaha pemerintah agar...

Keluhan Pegawai Pajak untuk Sri Mulyani Soal Penangkapan KPK

Jakarta - Penangkapan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akibat dugaan kasus suap memicu kekecewaan banyak pihak, khususnya para pegawai di lingkungan Ditjen Pajak yang selama ini menjunjung...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *