News  

Inilah Arti Simbol Indikator Mobil yang Harus Kalian Ketahui

Inilah Arti Simbol Indikator Mobil yang Harus Kalian Ketahui
Inilah Arti Simbol Indikator Mobil yang Harus Kalian Ketahui

Hondausacar.comInilah Arti Simbol Indikator Mobil yang Harus Kalian Ketahui. Biasanya simbol indikator mobil ini ada di bagian depan, yaitu di dashboard yang berdekatan dengan setir mobil.

Dengan indikator ini, orang pertama yang tahu dan melihat adalah pengemudi atau pengemudi. Beberapa simbol dari indikator mobil menyala ketika mesin dihidupkan dan yang dimulai ketika mesin dimatikan.

Dengan kondisi kunci dalam keadaan hidup. Tetapi itu semua tergantung pada masing-masing jenis mobil, karena tidak semua mobil memiliki indikator dengan fungsi yang sama. Dan Selain itu, tidak semua indikator ada di semua mobil.

Setiap simbol indikator mobil memiliki fungsi sesuai dengan simbol yang muncul saat mesin dihidupkan. Oleh karena itu perlu diperhatikan ketika Anda menghidupkan mobil untuk melihat simbol-simbol yang muncul di bagian depan setir.

Baca Juga: Sambiloto Tanaman Yang Bisa Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Mengapa memperhatikan simbol ini? Dengan memperhatikan simbol-simbol yang muncul, maka akan diketahui apakah mobil dalam kondisi baik atau ada masalah. Karena dengan memeriksa setiap simbol yang muncul.

Saat menghidupkan mesin mobil, beberapa simbol akan menyala untuk pertama kalinya. Jika simbol indikator ini menyala, itu tidak berarti bahwa mobil dalam kondisi baik.

Misalnya, simbol pintu yang tertutup rapat. Indikator pintu akan menyala jika pintu tidak tertutup rapat. Indikator ini biasanya memiliki cahaya dengan warna Biru. Tetapi banyak yang tidak memperhatikan.

Indikator Mesin

Saat kunci mobil berada pada posisi ON, ada beberapa indikator yang akan muncul, diantaranya simbol mesin yang menandakan bahwa mobil sudah siap digunakan.

Read  Inilah Ciri-Ciri Andropause Pada Pria

Dan ketika mesin dihidupkan tetapi indikator mesin masih menyala, berarti ada masalah pada mesin. Jika lampu indikator mesin masih menyala, segera periksa ke bengkel terdekat. Indikator ini biasanya berwarna merah, orang atau kuning.

Indikator AirBag

Hampir semua mobil dilengkapi dengan airbag tetapi untuk tipe terendah dari beberapa merek kendaraan roda empat masih belum termasuk AirBag ini. Fungsi komponen ini sangat besar untuk keselamatan penumpang.

Baca Juga: Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Menjanjikan di Tahun 2022

Untuk mobil yang sudah memiliki airbag biasanya memiliki simbol di dashboard dan di area speedometer. Ketika kendaraan dalam posisi ON, biasanya indikator akan memberitahu jika mobil dilengkapi dengan airbag dan indikator akan menyala dengan warna Biru.

Indikator Rem Tangan

Rem tangan atau lebih dikenal dengan rem tangan biasanya memiliki huruf P atau tanda seru dalam lingkaran. Indikator rem tangan ini menyala ketika posisi mobil menyala sehingga pemilik mobil akan tahu jika posisi mobil diparkir.

Indikator Kontrol Traksi

Untuk yang satu ini, tidak semua kendaraan memilikinya, terutama untuk kendaraan dengan level LGCC level terendah. Simbol indikator traksi ini adalah gambar mobil dengan jejak ban bertabur.

Fungsi kontrol traksi ini masih terkait dengan kontrol sistem rem ABS. Dengan kontrol traksi ini akan memudahkan pengendara untuk bermanuver atau meliuk di jalan yang membantu menjaga roda mencengkeram jalan dengan baik.

Indikator Suhu Mesin

Ada dua simbol untuk indikator ini yaitu ikon seperti termometer dan huruf C dan H dengan kombinasi garis lengkung sebagai penghubung. Tetapi untuk beberapa mobil hanya ada ikon suhu.

Baca Juga: Kunyit Dan Bangle Bisa Mengatasi Sakit Mata

Fungsi dari indikator ini adalah untuk menentukan keadaan mesin. Huruf C berarti Dingin dan huruf H panas. Jika kondisi mesin sering panas maka indikatornya adalah jarum huruf H dan atau ikon suhu menyala terus menerus.

Read  Kumpulan film bokeh effect full video bokeh video bokeh museum link 2022

Indikator Sabuk Pengaman

Simbol indikator ini adalah ikon orang yang duduk dengan Tali Bersilang. Ikon ini akan menyala terus menerus jika tidak ada yang menggunakan sabuk pengaman. Selalu kenakan sabuk pengaman saat mengemudi.

Atau jika Anda tidak ingin menggunakan sabuk dan ingin indikator tidak menyala terus menerus, biasanya ada tombol khusus untuk mematikan lampu indikator ini. Jika tidak ada tombol, cukup pasang kait sabuk tanpa memasang sabuk.

Indikator Minyak

Tanda oli menetes ini untuk mengetahui kondisi oli mobil, apakah sudah berkurang atau ada masalah dengan mesin karena kondisi oli yang tidak stabil. Inilah alasan mengapa mobil harus diperiksa secara teratur ke bengkel.

Baca Juga: Gangguan Sukar Tidur Bisa di Sembuhkan Dengan Ramuan Bumbu Dapur

Yang utama adalah mengetahui kondisi oli saja. Jika kondisi oli bagus, mesin akan selalu stabil. Sehingga mobil yang kalian gunakan akan awet dan aman untuk di pakai.

Akhir Kata

Mungkin hanya itu pembahasan yang dapat kami sajikan mengenai Arti Simbol Indikator Mobil yang Harus Kalian Ketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kalian semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.