Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic, Simak Dulu Informasi Ini Sebelum Memutuskan Membeli Mobil, Terdapat 8 Point Penting

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic, Simak Dulu Informasi Ini Sebelum Memutuskan Membeli Mobil : Dengan seiring kian berkembangnya dunia otomotif, maka menjadikan banyak perubahan pada kehidupan manusia. Dari begitu banyak perkembangan dunia otomotif, salah satu perkembangan yang paling mencolok yaitu hadirnya teknologi transmisi otomatis yang terdapat pada kendaraan roda empat (mobil). Maka dengan hadirnya teknologi transmisi automatic, akan lebih memudahkan manusia ketika sedang mengendarai mobil. 

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic

Di khalayak, untuk mobil yang menggunakan teknologi transmisi automatic sering disebut dengan mobil matic. Dimana mobil yang sudah menggunakan teknologi transmisi otomatis dibandrol dengan harga lebih mahal ketimbang dengan mobil yang masih menggunakan teknologi transmisi manual. Dikarenakan untuk mobil yang menggunakan transmisi otomatis sudah didukung dengan perangkat tambahan serta teknologi yang sistem kerjanya lebih rumit ketimbang dengan mobil transmisi manual. 

Walaupun mobil matic banyak memberikan kenyamanan untuk para penggunanya. akan tetapi disamping mempunyai banyak kelebihan, mobil matic pun tentunya masih mempunyai beragam kekurangan, dimana informasi ini perlu teman2 simak lebih serius, agar tidak menyesal setelah membeli mobil di kemudian hari.

Pada bagian dibawah ini, kami telah merangkum informasi seputar kelebihan dan kekurangan dari mobil matic, dimana informasi ini kami dapatkan dari beragam sumber, yang tentunya informasi ini bisa dipercaya. Kalau kita bandingkan dengan mobil sistem transmisi manual, memang ada beberapa point kelebihan dan kekurangan yang sangat mencolok, untuk kelebihan dari mobil matic diantaranya :

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic

Kelebihan Mobil Matic

1. Tidak Menjadikan Kaki Pegal

Salah satu kelebihan yang paling ketara dari mobil yang menggunakan sistem transmisi matic pastinya tidak membuat kaki sang pengendara merasa pegal. Tidak sama halnya dengan mengendarai mobil bertransmisi manual, dimana kaki kiri harus sering menginjak kopling untuk menambah atau mengurangi gigi, apalagi pada saat lalulintas macet, ditambah macetnya pada saat jalan menanjak, akan butuh konsentrasi serta feeling tingkat tinggi, agar mobil tetap bisa berjalan sebagai mana mustinya. Kalau menggunakan mobil bertransmisi matic kan, hanya cukup dengan menggunakan satu kaki saja yaitu hanya terfokus pada pedal gas dan rem. Untuk mobil matic, kalau macet disaat jalan menanjak, tidak terlalu butuh konsentrasi serta feeling tingkat tinggi, karena mobil matic sudah membantu maju ketika porsneling sudah kita posisikan pada tulisan D.

2. Lebih Mudah Cara Penggunaannya 

Kelebihan mobil matic selanjunya yaitu, akan lebih memudahkan sang driver ketika sedang mengendarai mobil yang bertransmisi matic. Dan inilah salah satu alasan mengapa mobil matic lebih banyak diminati ketimbang dengan mobil bertransmisi manual.

3. Sangat Cocok di Gunakan Untuk Jalanan Yang Macet

Pada umumnya, untuk pengendara mobil yang masih menggunakan tranmisi manual akan terasa lebih cape dan kerepotan ketika lalu lintas sedang macet, dimana sang pengendara harus sering2 menginjak kopling dan menggerakkan porsneling, lain halnya dengan mobil yang sudah menggunakan transmisi matic. Dimana sang Driver hanya cukup menginjak pedal rem dan gas saja. 

4. Lebih Safety Ketika Jalan Menanjak

Kelebihan selanjutnya yang bisa kita dapatkan ketika mengendarai mobil bertransmisi matic yaitu, mobil akan tetap nyaman ketika digunakan untuk jalan menanjak (dengan catatan matic masih dalam keadaan normal). Karena mobil matic yang transmisinya masih bekerja normal tidak rawan mundur ketika mobil berhenti pada saat jalan menanjak. Ini sungguh berbeda dengan mobil yang mansih menggunakan teknologi transmisi manual, dimana mobil manual, ketika macet di jalan menanjak, kita harus segera menginjak rem dan kopling, dan ketika akan maju lagi, sang driver harus sudah ahli main feeling agar mobil tetap berjalan tapi tidak harus mundur.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic

Kekurangan Mobil Matic

Disamping mobil dengan transmisi matic mempunyai banyak kelebihan, tapi tidak dipungkiri juga bahwa mobil dengan transmisi matic pun mempunyai beragam kekurangan. Bahkan salah satu kekurangan dari mobil matic bisa berdampak pada calon pembeli untuk berpikir lebih matang lagi ketika memutuskan membeli mobil dengan transmisi matic. Dibawah ini merupakan point-point kekurangan dari mobil Matic.

1. Harga Beli Tinggi, Harga Jual Jatuh

Begitu tingginya harga mobil matic yang dibandrol, tidak lepas dari kenyamanan yang dijualnya. Jadi kalau mobil matic dibandrol dengan harga murah, akan menjadi tanda tanya besar dan kecurigaan lebih, jangan2 ada masalah dengan maticnya. 

2. Bahan Bakarnya Boros

Salah satu kelemahan dari mobil matic yang ini perlu anda pertimbangkan sekali. Karena, jika anda menginginkan mobil yang hemat dari segi konsumsi bahan bakar dan hemat biaya perawatannya, maka anda salah bila memutuskan membeli mobil bertransmisi matic. Karena mobil yang menggunakan teknologi matic, untuk putaran mesinnya tidak bisa diatur ketika sedang berkendara, contohnya kalau di mobil transmisi manual kan kita bisa memutuskan gigi berapa. 

Hal ini pun dipengaruhi pula oleh spesifikasi yang terdapat pada mobil matic. Dengan dilengkapinya dengan teknologi Torque Converter menjadikan salah satu sebab tingginya RPM pada mobil matic ketimbang dengan mobil manual. Inilah salah satu sebab mengapa konsumsi bahan bakar mobil matic lebih boros ketimbang dengan mobil bertransmisi manual.

3. Biaya Perawatan Mahal

Kelemahan yang tetap harus menjadi perhatian lebih pada mobil matic pun terdapat pada point ini. Karena untuk anda yang memutuskan membeli mobil bertransmisi matic, anda harus konsisten mengganti oli matic mobil, jangan sampai telat, karena kalau telat bisa berdampak pada ketidak nyamanan anda ketika sedang berkendara. Selain itu bisa juga berdampak pada kerusakan mesin maticnya sendiri. Saya pribadi pernah telat mengganti oli matic dalam jangka waktu lebih dari 3 bulan, mobil yang saya rasakan pertama matic seling selip, dan suka netral sendiri, setelah itu tenaganya berkurang, pastinya lebih boros ke bensin. Dan parahnya lagi, untuk bisa kembali nyaman seperti sediakala, saya harus mengganti mesin matic satu glondongan yang harganya mendekati satu motor. Waktu itu mobil saya mobil buatan Eropa, dan saya tidak bisa menyebutkan merknya. Disamping harga suku cadang mobil matic lebih mahal, untuk teknisi yang menguasai mobil matic pun belumlah banyak.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic
Glondongan Mesin Matic

4. Tidak Bisa Melakukan Engine Brake 

Kelemahan mobil bertransmisi matic selanjutnya yaitu terletak pada sistem pengeremannya. Dimana untuk driver yang menggunakan mobil matic pastinya tidak bisa menggunakan sistem engine brake, karena pada mobil matic tidak memiliki gigi porsneling. Dan inilah alasannya mengapa ketika mobil matic melalui jalan menurun, sang driver hanya bisa mengandalkan rem saja.

Inilah informasi seputar Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic yang bisa kami berikan. Jadi sebelum membeli mobil, pikirkan dulu kenyamanan serta resikonya, jadi jangan sampai anda menyesal dikemudian hari setelah membeli mobil. Pengalaman pribadi saya soalnya, beli mobil matic, cicilan, akhirnya uang yang saya punya bukannya fokus membayar cicilan, malah lari untuk membayar montir, karena posisi saya dilema sekali, membeli mobil ko tapi tidak bisa menikmatinya. (maaf saya sedikit curhat, hehehe….). Ywd saya cukupkan sampai disini dulu ya. Terima Kasih, Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Induk Perusahaan Google Temui Pejabat Pajak Indonesia

Jakarta - Eksekutif senior Alphabet, induk perusahaan Google, dari kantor pusat Asia Pasifik dikabarkan telah bertemu dengan pejabat kantor pajak Indonesia. Demikian dikabarkan sumber terkait yang dikutip detikINET dari Reuters.Kedatangan para bos Alphabet itu adalah...

Agar Tak Dikejar Pajak, Selebgram Hingga Youtubers Bisa Ikut Tax Amnesty

Malang - Selebgram hingga youtubers diincar untuk membayar pajak. Namun, jika mereka selama ini tidak pernah lapor dan membayar pajak, maka bisa mengikuti program tax amnesty yang sedang bergulir saat ini."Kalau mereka sudah lama nggak pernah lapor dan nggak pernah...

Amnesti Pajak Sumbang Kenaikan Rasio Pajak 1,08% Terhadap PDB

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kadin bidang Kebijakan Moneter, Fiskal, dan Publik, Raden Pardede mengatakan, pelaksanaan amnesti pajak pada tahun ini akan meningkatkan rasio pajak 1,08% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Dan ini merupakan bentuk usaha pemerintah agar...

Keluhan Pegawai Pajak untuk Sri Mulyani Soal Penangkapan KPK

Jakarta - Penangkapan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akibat dugaan kasus suap memicu kekecewaan banyak pihak, khususnya para pegawai di lingkungan Ditjen Pajak yang selama ini menjunjung...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *