News  

Ketahui 5 Penyebab Laptop Tidak Menyala Secara Tiba-Tiba

Ketahui 5 Penyebab Laptop Tidak Menyala Secara Tiba-Tiba
Ketahui 5 Penyebab Laptop Tidak Menyala Secara Tiba-Tiba

Hondausacar.comKetahui 5 Penyebab Laptop Tidak Menyala Secara Tiba-Tiba. Pasalnya, laptop termasuk perangkat elektronik yang memiliki urgensi dalam kehidupan sehari-hari.

Kalian harus mengetahui bagai mana cara untuk menghidupkan laptop yang sudah mati atau tiba-tiba mati, dini kami akan menyajikan cara-caranya untuk kalian semuanya.

Terutama bagi mahasiswa atau pekerja di bidang IT. Bagaimana jika laptop tidak mau hidup? Tentunya akan mengganggu aktivitas, bukan? Kenali beberapa penyebab laptop tidak menyala berikut ini dan segera perbaiki:

1. Masalah Baterai Laptop

Saat laptop mogok dan tidak mau hidup, salah satu penyebabnya adalah masalah pada baterai. Masalah baterai Laptop bisa disebabkan oleh kehabisan daya atau aktivitas pengisian daya yang tidak sampai penuh.

Ada dua jenis baterai pada Laptop, yaitu baterai yang ditanam dan baterai yang dapat dilepas. Jika pengguna memiliki laptop dengan kapasitas baterai yang ditanam maka pengguna dapat mengatur ulang perangkat sesuai dengan merek masing-masing laptop.

Baca Juga: 4 Smartphone Layar 144Hz Terbaik Untuk Bermain Game

Penanganan untuk baterai yang dapat dilepas, pengguna dapat melepas baterai laptop dan menghubungkan kabel pengisi daya sehingga laptop menyala tanpa baterai.

2. Kerusakan Adaptor

Setiap kerusakan pada perangkat harus memiliki hubungan satu sama lain. Jika laptop tidak mau menyala karena baterai habis maka pengguna harus mengisi daya terlebih dahulu.

Pengguna dapat memeriksa kondisi adaptor daya atau adaptor baterai laptop itu sendiri. Tanda bahwa adaptor daya masih berfungsi, yaitu lampu indikator laptop masih menyala.

3. Komponen Daya Bermasalah

Penyebab laptop tidak menyala yang lain adalah masalah pada komponen daya. Cara untuk mengatasi komponen daya yang bermasalah adalah dengan melepas pengisi daya.

Read  Ban Đầu Video Thầy Giáo Bình Dương Quan Hệ Với Học Sinh Nam

Selanjutnya, tekan tombol daya selama kurang lebih tiga puluh detik hingga daya habis. Kemudian, pasang kembali pengisi daya laptop dan coba nyalakan. Setelah proses telah dilakukan dan gagal, pengguna dapat memeriksa IC (Integrated Circuit) daya laptop.

Baca Juga: Kumpulan film bokeh effect full video bokeh video bokeh museum link 2022

Cara mendeteksi daya IC masih berfungsi adalah dengan menggunakan alat yang disebut avometer. Jika pengguna tidak memiliki alat maka dapat meminta bantuan pada tukang reparasi.

4. Kerusakan Prosesor Laptop

Prosesor milik perangkat inti laptop. Jika prosesor bermasalah maka laptop tidak akan dapat berfungsi dengan baik dan bahkan dapat mengalami kematian total. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan prosesor pada laptop mengalami malfungsi.

Cara untuk menghindari kerusakan pada prosesor, yaitu dengan menghindari permukaan yang berdebu dan tidak sering melakukan overclocking pada laptop. Jika prosesor sudah rusak.

5. Masalah Soket Ram

Random Access Memory atau RAM juga merupakan komponen penting dalam perangkat laptop. RAM berfungsi untuk menyimpan data dan chace perangkat lunak yang berjalan pada laptop.

Jika RAM Bermasalah maka kinerja laptop tidak optimal. Masalah yang terjadi biasanya laptop kosong, lambat, bahkan tidak mau menyala. Kerusakan yang terjadi pada soket Ram dapat diatasi dengan melepas dan membersihkannya menggunakan penghapus pensil.

Baca Juga: Sambiloto Tanaman Yang Bisa Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Meski metodenya relatif mudah, pemilik laptop juga harus melakukannya dengan cermat. Bagaimana jika sudah dibersihkan, tetapi laptop masih belum menyala? Dapat dipastikan bahwa RAM rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Akhir Kata

Itulah pembahasan yang dapat kami sajikan mengenai Ketahui 5 Penyebab Laptop Tidak Menyala Secara Tiba-Tiba. Semoga dengan ulasan kami di atas dapat bermanfaat untuk kalian semuanya.

Read  Inilah Ciri-Ciri Andropause Pada Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published.