Media Belajar : Tips Aman Berkendara

7 Hal Sebelum Mengemudi

Keamanan dan kenyamanan dalam berkendara sangatlah penting untuk diketahui oleh seorang pengemudi. Memiliki sebuah kendaraan tidak hanya merasakan dan menikmati suasana berkendara dan enaknya sebuah perjalanan, disamping itu ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan sebelum berkendara.

Memiliki mobil berarti siap menjalankan komitmen untuk melakukan perawatan rutin, peka terhadap gejala-gejala gangguan, hingga rajin memeriksa beberapa bagian sebelum berkendara.

Perhatian yang baik dalam kepemilikan sebuah kendaraan akan mendapatkan keamanan serta kenyamanan saat berkendara dan pasti akan lebih terjamin. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum mengemudi, hal-hal apa sajakah itu ? Simak tips-tips berikut ini  :

  • 1.  Periksa volume air radiator jika kurang segera tambahkan, cek level air tabung penampung. Jika kurang segera tambah radiator coolant, atau jika menggunakan air pastikan selalu menggunakan air yang bersih atau air suling agar radiator terhindar dari kotoran yang kelamaan akan menumpuk dan menimbulkan kerak dalam sistem pendingin. Periksa pula tabung air penyeka kaca, bila kurang segera tambahkan.
  • 2.  Cek level pelumas mesin menggunakan colokan oli yang tersedia (dipstick).  Jika pelumas pada dpstick menunjukkan ketinggian pelumas mesin dibawah batas minimal segera tambahkan pelumas. Perlu untuk diingat kapan terakhir kali mengganti minyak pelumas mesin, bila sudah waktunya segeralah ganti sesuai dengan spesifikasi yang telah dianjurkan oleh produsen mobil. Demikian pula cek level minyak rem dan kopling serta pelumas power steering.
  • 3.  Periksa tali kipas dengan melihat dan meraba. Bila terlihat kering, getas dan ada bagian yang retak-retak, segera ganti dengan yang baru agar tidak putus ditengah jalan.
  • 4.  Cek level ketinggian air aki apakah masih pada garis Level Up atau Low, segera tambahkan bila kurang. Pada masa sekarang ini sudah banyak aki yang dilengkapi dengan indikator. Tetap berhati-hati dalam menambahkan jumlah air aki, jangan sampai berlebih. Periksa pula terminal positif dan negatif aki untuk memastikan bahwa terminal aki tersebut bebas dari kotoran dan karat. Karat pada terminal aki dapat menghambat arus, segera bersihkan dengan amplas / sikat kawat. Kondisi terminal aki yang bersih secara otomatis akan menjamin pasokan arus listrik bisa berjalan dengan lancar.
  • 5.  Cek sistem penerangan atau semua lampu, pastikan semua berfungsi dengan baik agar bisa mendukung kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Khususnya lampu kepala dan bim serta lampu sen dan lampu rem, karena sangat dibutuhkan baik perjalanan siang ataupun malam hari.
  • 6.  Cek tekanan angin ban, sesuaikan dengan petunjuk dibuku manual. Jangan lupa periksa pula keausan ban. Cara paling mudah dan sederhana untuk melihat keausan tersebut adalah dengan melihat tire weare indicator (TWI) pada bagian dinding atas ban. Jika tapak ban sudah menyentuh TWI yang berbentuk gambar segitiga, sebaiknya ban segera diganti. Jangan lupa memeriksa ban serep serta alat-alat seperti dongkrak dan kunci roda.
  • 7.  Selalu pastikan kondisi fit pengemudi agar dalam keadaan bugar, tidak mengantuk dan lelah. Segera istirahatlah beberapa menit bila saat mengemudi merasa capek serta mengantuk. Selalu waspadalah bahwa tingkat keamanan bukan hanya pada kondisi baiknya kendaraan tetapi juga pada pengemudi dan cara mengemudi yang baik dan benar, serta patuhilah rambu-rambu yang ada.

Sekian tips aman dalam berkendara Semoga Aman dan Selamat sampai  Tujuan.

Induk Perusahaan Google Temui Pejabat Pajak Indonesia

Jakarta - Eksekutif senior Alphabet, induk perusahaan Google, dari kantor pusat Asia Pasifik dikabarkan telah bertemu dengan pejabat kantor pajak Indonesia. Demikian dikabarkan sumber terkait yang dikutip detikINET dari Reuters.Kedatangan para bos Alphabet itu adalah...

Agar Tak Dikejar Pajak, Selebgram Hingga Youtubers Bisa Ikut Tax Amnesty

Malang - Selebgram hingga youtubers diincar untuk membayar pajak. Namun, jika mereka selama ini tidak pernah lapor dan membayar pajak, maka bisa mengikuti program tax amnesty yang sedang bergulir saat ini."Kalau mereka sudah lama nggak pernah lapor dan nggak pernah...

Amnesti Pajak Sumbang Kenaikan Rasio Pajak 1,08% Terhadap PDB

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kadin bidang Kebijakan Moneter, Fiskal, dan Publik, Raden Pardede mengatakan, pelaksanaan amnesti pajak pada tahun ini akan meningkatkan rasio pajak 1,08% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Dan ini merupakan bentuk usaha pemerintah agar...

Keluhan Pegawai Pajak untuk Sri Mulyani Soal Penangkapan KPK

Jakarta - Penangkapan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akibat dugaan kasus suap memicu kekecewaan banyak pihak, khususnya para pegawai di lingkungan Ditjen Pajak yang selama ini menjunjung...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *