Penerapan Ilmu Statistika Terhadap Data Biologi

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah ‘statistika’ (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan ‘statistik’ (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data.


Penerapan statistika dapat digunakan untuk menganalisis perkiraan-perkiraan yang akan diuji dalam berbagai bidang ilmu, termasuk biologi. Dalam biologi sendiri statistika dapat digunakan dalam pengujian hipotesis pada percobaan-percobaan biologi. 

Hipotesis adalah pernyataan yang bersifat terkaan dari hubungan antara dua atau lebih variabel (Kerlinger, 1973). Secara umum, hipotesis berarti suatu pernyataan mengenai satu atau lebih populasi yang belum tentu benar atau salah sehingga perlu diuji kebenarannya 

Dalam pengujian hipotesis biologi, metode statistika menggunakan taraf nyata untuk menentukan seberapa besar keyakinan terhadap kebenaran uji hipotesis tersebut. 


Dengan adanya taraf nyata tersebut, maka masih dimungkinkan terjadi kesalahan dalam pengujian hipotesis


Kesalahan dalam pengujian hipotesis


Dalam pengujian hipotesis statistik, mungkin sekali terjadi kesalahan. Jenis tipe kesalahan:

Kesalahan tipe I adalah kesalahan yang terjadi apabila Ho ditolak padahal Ho benar. Jenis kesalahan ini dilambangkan dengan α.

Kesalahan tipe II adalah kesalahan yang terjadi apabila Ho diterima padahal Ho salah. Jenis kesalahan ini dilambangkan dengan β.

Contoh :

Perkiraan cuaca


Misal diprediksikan akan terjadi hujan di suatu kota tertentu, namun pada kenyataannya tidak terjadi hujan di kota tersebut, dikarenakan adanya perubahan arah angin.

Prediksi tsunami setelah gempa


Pada tahun 2011 lalu, terjadi bencana gempa di negara Jepang. BMKG memprediksi bahwa di daerah Maluku bagian utara berpotensi terjadi tsunami akibat gempa tersebut. Namun pada kenyataannya, gelombang tsunami hanya menjangkau sampai Laut Cina Selatan di bagian utara Filipina.

Kesimpulan

Perkiraan statistika terhadap data biologi tidak selalu sama kenyataan.

Nah, itu tadi sekilas informasi mengenai pengertian dan definisi hipotesis serta kemungkinan kesalahan dalam pengujian hipotesis beserta beberapa contohnya lengkap yang bisa kami bagikan, semoga bermafaat dan bisa menjadi referensi bagi anda.

Induk Perusahaan Google Temui Pejabat Pajak Indonesia

Jakarta - Eksekutif senior Alphabet, induk perusahaan Google, dari kantor pusat Asia Pasifik dikabarkan telah bertemu dengan pejabat kantor pajak Indonesia. Demikian dikabarkan sumber terkait yang dikutip detikINET dari Reuters.Kedatangan para bos Alphabet itu adalah...

Agar Tak Dikejar Pajak, Selebgram Hingga Youtubers Bisa Ikut Tax Amnesty

Malang - Selebgram hingga youtubers diincar untuk membayar pajak. Namun, jika mereka selama ini tidak pernah lapor dan membayar pajak, maka bisa mengikuti program tax amnesty yang sedang bergulir saat ini."Kalau mereka sudah lama nggak pernah lapor dan nggak pernah...

Amnesti Pajak Sumbang Kenaikan Rasio Pajak 1,08% Terhadap PDB

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kadin bidang Kebijakan Moneter, Fiskal, dan Publik, Raden Pardede mengatakan, pelaksanaan amnesti pajak pada tahun ini akan meningkatkan rasio pajak 1,08% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Dan ini merupakan bentuk usaha pemerintah agar...

Keluhan Pegawai Pajak untuk Sri Mulyani Soal Penangkapan KPK

Jakarta - Penangkapan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akibat dugaan kasus suap memicu kekecewaan banyak pihak, khususnya para pegawai di lingkungan Ditjen Pajak yang selama ini menjunjung...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *