Service Mobil BMW Serie 2 di Rumah | Tips Menghemat Kanvas kopling

Kanvas Kopling (Clutch disc) biasanya mempunyai umur 4 tahun atau sekitar 40.000 km untuk pemakain normal. Tapi kebanyakan orang menganggap bahwa usia ini terlalu lama untuk suatu kendaraan, bagaimana dengan kendaraan anda?
Jika rata-rata pemakaian kendaraan kita setiap tahunnya 10.000km maka dibutuhkan 4 tahun untuk pergantian kopling. Tetapi kenapa masih banyak orang menganti kanvas kopling sebelum 40.000km bahkan 30.000 km?
Faktor penyebabnya adalah karena kebanyakan orang salah dalam cara mengemudi, bukan semata-mata karena kualitas kanvas kopling yang jelek.

Berikut kesalahan-kesalahan kecil yang sering terjadi bagi pengemudi tanpa kita sadari

  • Menekan pedal kopling (setengah kopling) pada saat lampu merah yang jalannya sedikit menanjak, tau pada saat jalanan macet. Sebaiknya lakukan dengan rem tangan dan netralkan persneling.
  • Kaki yang selalu stand by berada diatas pedal kopling walaupun mobil dalam keadaan berjalan. Tanpa kita sadari tekanan kaki kita pada pedal kopling mengakibatkan sedikit terjadi gesekan pada kanvas kopling. Maka sebaiknya posisi kaki tidak berada diatas pedal kopling pada saat mobil berjalan normal. Lakukan penginjakan pedal kopling pada saat diperlukan saja.
  • Lakukan injakan pedal kopling dan perpindahan gigi sehalus mungkin, jangan melepaskan pedal kopling secara mendadak. Misalnya perpindahan gigi 1 ke 2 dst. atau pada saat menurunkan gigi dari gigi 5 ke 4 dst.
  • Jangan menggunakan gigi tinggi 3 atau 4  pada kecepatan rendah misal 30km/jam. Gunakanlah gigi transmisi sesuai dengan kecepatannya yang tercantum pada buku manual.

Kalau kita ingin kanvas kopling kita awet maka kebiasaan kecil diatas harus perlahan-lahan kita hindari. Kebanyakan orang khususnya yang tidak mengerti mengenai fungsi kanvas kopling, menganggap hal diatas adalah hal yang biasa. Kita harus mengingat Konsep dasar bahwa Kopling digunakan untuk memindahkan daya dari Mesin ke penggerak Roda bukan untuk menahan beban kendaraan.

SPESIALIS AC & MESIN TANPA BONGKAR MESIN.
Money Back Guarantee – Garansi Uang Kembali Khusus Air Cond Treatment
Dokter Mobil – Jalan Boulevard Raya Blok QJ3 No. 2 Kelapa Gading – Jakarta Utara
(021) 4584 5268 (Workshop) | Mivta : 0877 871 333 66 ( Call / SMS / Whatsapp ) – Pin BB : D146F46B | Mia : 0878 8088 4576 ( Call / SMS / Whatsapp ) – Pin BB : 54744743 | Nada : 0877 871 333 50 ( Call / SMS / Whatsapp ) – Pin BB : D12AB986 | Edwin : 0878 8702 3498 (Call/ SMS/ Whatsapp) – Pin BB : 21BB386C

Induk Perusahaan Google Temui Pejabat Pajak Indonesia

Jakarta - Eksekutif senior Alphabet, induk perusahaan Google, dari kantor pusat Asia Pasifik dikabarkan telah bertemu dengan pejabat kantor pajak Indonesia. Demikian dikabarkan sumber terkait yang dikutip detikINET dari Reuters.Kedatangan para bos Alphabet itu adalah...

Agar Tak Dikejar Pajak, Selebgram Hingga Youtubers Bisa Ikut Tax Amnesty

Malang - Selebgram hingga youtubers diincar untuk membayar pajak. Namun, jika mereka selama ini tidak pernah lapor dan membayar pajak, maka bisa mengikuti program tax amnesty yang sedang bergulir saat ini."Kalau mereka sudah lama nggak pernah lapor dan nggak pernah...

Amnesti Pajak Sumbang Kenaikan Rasio Pajak 1,08% Terhadap PDB

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kadin bidang Kebijakan Moneter, Fiskal, dan Publik, Raden Pardede mengatakan, pelaksanaan amnesti pajak pada tahun ini akan meningkatkan rasio pajak 1,08% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Dan ini merupakan bentuk usaha pemerintah agar...

Keluhan Pegawai Pajak untuk Sri Mulyani Soal Penangkapan KPK

Jakarta - Penangkapan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akibat dugaan kasus suap memicu kekecewaan banyak pihak, khususnya para pegawai di lingkungan Ditjen Pajak yang selama ini menjunjung...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *