Tips Mengemudi Mobil Manual Ditanjakan Dengan Aman

Cara Mengemudi Mobil Manual Ditanjakan Yang Baik Agar Tidak Melorot Atau Mundur – Halo sahabat sekalian, jumpa lagi dengan mas Indro yang ganteng disini. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi tips kepada Anda sekalian khususnya yang lagi belajar mengemudikan mobil manual. Tapi tips ini bukanlah tips yang biasa, karena kali ini mas Indro akan berikan Tips Mengemudi Mobil Manual Ditanjakan Dengan Aman. Bagi sebagian orang yang sedang belajar mengemudi, tanjakan itu ibaratnya seperti musuh besar. Apalagi kalau ditanjakan itu harus berhenti dan jalan lagi, wah bisa-bisa mobil melorot atau mesin tiba-tiba mati. Hal itu umum terjadi kok, dulu waktu awal-awal mas Indro belajar nyetir juga begitu. Baiklah, bagaimana tips mengemudi mobil manual ditanjakan dengan aman dan mudah? Simak terus artikel ini!

Bagi saya, mobil manual memiliki tingkat seni yang lebih tinggi dibandingkan dengan mengemudi mobil matic. Coba bayangkanlah suatu kedaan dimana Anda sedang mengemudikan mobil manual, lalu Anda berada disuatu tanjakan yang curam, dan keadaan lalu lintas disana sangat padat. Setiap jarak 1 meter mobil harus berhenti karena mengantri. Mampukah Anda menaklukan situasi tersebut?

TIPS MENGEMUDI MOBIL MANUAL DITANJAKAN DENGAN AMAN DAN MUDAH

Bagaimana? Masih terbayang? Situasi tersebut memang tidak mudah ditaklukan, terutama bagi Anda yang masih pemula dalam belajar mengemudikan mobil manual. Salah sedikit saja mesin mobil bisa tiba-tiba mati, dan yang lebih parah ialah mobil melorot lalu menghantam mobil yang ada dibelakangnya. Hal ini tentu berbeda dengan mobil matic yang tidak akan melorot walaupun pedal gas tidak diinjak. Kembali lagi ke pertanyaan saya tadi, kira-kira apa solusi yang dapat Anda lakukan untuk situasi diatas?

Mungkin ada yang berpikir untuk menggunakan cara setengah kopling. Pada situasi tertentu cara ini memang berhasil, namun jika dilakukan terus menerus kopling akan cepat panas dan mudah terbakar. Nah, langkah yang tepat dalam tips mengemudi mobil manual ditanjakan dengan aman ialah dengan memaksimalkan penggunaan REM TANGAN. Pada saat mobil harus berhenti, biasakan untuk menginjak rem penuh dan secara bersamaan injak kopling penuh, pindahkan gigi pada posisi netral, lalu tarik tuas rem tangan. Sekarang Anda boleh melepas pedal kopling dan pedal rem kaki. Pada posisi ini mobil tetap menyala, tetap pada tempatnya dan tidak mundur atau melorot.

Selanjutnya ialah bagaimana ketika mobil harus berjalan kembali. Ini adalah bagian yang menantang. Jadi … injak kopling dalam-dalam, masukan perseneleng ke gigi 1. Pada posisi ini mobil sudah siap untuk berjalan. Tangan kiri siap-siap pada tuas rem tangan dan kaki kanan siap menekan pedal gas. TRIK : Kaki kanan Anda sebaiknya menekan pedal gas sedikit lebih dalam agar ketika kopling dan rem tangan dilepas mobil langsung dapat menanjak. Jangan menginjak gas terlalu dalam, cukup kira-kira saja jika rem dan kopling dilepas mobil tidak akan mundur.

Anda sudah menangkap apa yang saya maksud? Cara agar mobil manual tidak mundur ditanjakan ialah dengan perpaduan gerakan, yakni lepas pedal rem dan turunkan tuas rem tangan dengan sigap dan bersamaan. Nah pada saat yang bersamaan mobil tidak akan mundur, namun dapat langsung melaju. Hal ini disebabkan karena TRIK yang tadi, dimana kaki kanan Anda sudah menekan pedal gas secukupnya. Jika pedal gas diinjak terlalu dalam, mobil dapat langsung melesat dengan cepat sehingga berbahaya. Namun jika pedal gas diinjak terlalu sedikit, mesin mobil akan mudah mati dan mobilpun melorot. Jadi feeling Anda harus main nih.

Induk Perusahaan Google Temui Pejabat Pajak Indonesia

Jakarta - Eksekutif senior Alphabet, induk perusahaan Google, dari kantor pusat Asia Pasifik dikabarkan telah bertemu dengan pejabat kantor pajak Indonesia. Demikian dikabarkan sumber terkait yang dikutip detikINET dari Reuters.Kedatangan para bos Alphabet itu adalah...

Agar Tak Dikejar Pajak, Selebgram Hingga Youtubers Bisa Ikut Tax Amnesty

Malang - Selebgram hingga youtubers diincar untuk membayar pajak. Namun, jika mereka selama ini tidak pernah lapor dan membayar pajak, maka bisa mengikuti program tax amnesty yang sedang bergulir saat ini."Kalau mereka sudah lama nggak pernah lapor dan nggak pernah...

Amnesti Pajak Sumbang Kenaikan Rasio Pajak 1,08% Terhadap PDB

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kadin bidang Kebijakan Moneter, Fiskal, dan Publik, Raden Pardede mengatakan, pelaksanaan amnesti pajak pada tahun ini akan meningkatkan rasio pajak 1,08% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Dan ini merupakan bentuk usaha pemerintah agar...

Keluhan Pegawai Pajak untuk Sri Mulyani Soal Penangkapan KPK

Jakarta - Penangkapan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akibat dugaan kasus suap memicu kekecewaan banyak pihak, khususnya para pegawai di lingkungan Ditjen Pajak yang selama ini menjunjung...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *