Tips Merawat Aki Mobil Agar Awet Dengan Mudah

Tips Merawat Aki Mobil – Halo saudaraku sekalian, bagaimana kabar kalian dan mobil kalian? Semoga selalu sehat ya. Amin. Nah, karena mobil di garasi mas Indro masih baru, jadi mas Indro ingin merawatnya sebaik mungkin sedari sekarang. Baca ulasan Pertanyaan Yang Diajukan Saat Membeli Mobil Baru Di Dealer bagi Anda yang ingin membeli mobil baru. Nah, salah satu cara merawat mobil baru agar tetap prima adalah dengan merawat aki mobil itu sendiri. Jadi hari ini mas Indro akan membahas tentang Tips Merawat Aki Mobil Dengan Mudah Agar Awet Dan Tahan Lama. Perlu kita ketahui bersama, bahwa aki mobil ada yang menggunakan aki basah dan ada pula yang menggunakan aki kering. Apapun tipe aki mobil Anda, sebaiknya Anda tetap harus selalu merawat aki mobil Anda agar awet. Ingin tau lebih lengkap mengenai cara merawat aki mobil? Yuk baca Tips Merawat Aki Mobil Agar Awet berikut ini!

Tips merawat aki mobil agar awet yang pertama ialah perhatikan suhu. Nah, aki mobil dapat bekerja dengan optimal pada suhu yang tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda rajin membersihkan mobil, terutama pada bagian ventilasi tempat sirkulasi udara pada ruang aki terjadi. Dengan sirkulasi udara yang baik, suhu aki pun dapat lebih terkontrol. Jika mungkin, sebaiknya hindari juga untuk memforsir kerja aki, misalnya menyalakan semua lampu, menghidupkan AC, dan menyetel musik dengan volume tinggi disaat bersamaan dan dalam waktu yang lama. Tips merawat aki mobil dengan mudah yang selanjutnya ialah dengan memasang bracket.

TIPS MERAWAT AKI MOBIL DENGAN MUDAH AGAR AWET DAN TAHAN LAMA

Tips Merawat Aki Mobil Agar Awet Dengan Mudah

Bracket adalah pengikat aki agar saat berkendara, aki tidak oleng atau goncang. Agar aki mobil Anda awet dan tahan lama, sebaiknya Anda memperhatikan pengikat aki ini. Jangan sampai bracket terpasang terlalu longgar karena sangat berbahaya. Selama perjalanan mungkin saja Anda melewati jalan bergelombang atau bahkan berlubang. Dengan kondisi aki yang tidak terikat kencang, tentu akan membuat aki menjadi goncang dan tidak stabil. Jadi pastikan Anda mengikat bracket dengan kencang. Berikutnya dalam tips merawat aki mobil, Anda harus memperhatikan kondisi kutub aki. Kutub aki biasanya adalah bagian yang dijepit, yang berfungsi sebagai penghubung langsung pada aki.

Kutub aki ini rawan sekali terkena kotoran, dan apabila Anda jarang memperhatikan kondisi aki, kutub aki ini seringkali ditumbuhi jamur karena kondisi yang lembab bercampur dengan kotoran debu. Nah, kutub aki yang ditumbuhi jamur tentu tidak dapat mengalirkan listrik ke mobil secara sempurna. Oleh karena itu, agar aki mobil tetap awet, rajinlah membersihkan aki Anda. Tips merawat aki mobil yang selanjutnya ialah perhatikan alternator atau komponen yang berperan sebagai alat recharger aki. Walaupun letaknya terpisah dari aki, pastikan alternator selalu dalam kondisi yang baik sehingga dapat menyuplai listrik yang cukup dan stabil bagi aki mobil Anda. Dengan begitu aki pun menjadi awet dan tahan lama.

Perlu Anda ketahui, biasanya aki paling sering rusak atau soak karena penggunaan yang tidak wajar atau tidak tepat. Agar aki awet dan tahan lama, sebaiknya matikan semua perangkat elektronik sebelum Anda mematikan mesin mobil. Contohnya seperti ini, sebelum mesin dimatikan sebiaknya Anda mematikan dahulu wiper, AC, radio maupun pemutar CD mobil Anda. Kenapa? Karena ketika ada perangkat yang belum dimatikan, saat mesin mobil dihidupkan, otomatis aki akan bekerja sangat keras yaitu untuk menghidupkan mesin dan juga menghidupkan perangkat elektronik tadi. Hal ini akan membuat aki menjadi tidak awet.

Dan, inilah tips merawat aki mobil yang terakhir dan sangat penting. Bagi Anda tidak menggunakan aki kering, berarti Anda menggunakan aki basah. Nah, aki basah rawan sekali rusak jika Anda telat mengisikan air aki dan air aki sampai kehabisan atau kering. Oleh karena itu rajin-rajin lah untuk melihat kondisi air aki Anda, pastikan selalu dalam kondisi ideal. Jika kurang dari batas yang seharusnya, segeralah mengisi air aki Anda dibengkel terdekat ataupun Anda dapat mengisinya sendiri dirumah jika Anda memiliki cadangan air aki. Itulah tadi ulasan lengkap Tips Merawat Aki Mobil Agar Awet Dan Tahan Lama.

Semoga ulasan diatas membantu Anda semua dalam menjaga aki mobil agar tetap awet. Mobil yang prima tentu didukung oleh aki yang terawat. Bagaimana dengan Anda? Yuk perhatikan kondisi aki Anda sejak sekarang. Jangan bingung memilih aki mobil yang bagus, karena aki mobil yang bagus adalah aki mobil yang Anda rawat dengan penuh kasih sayang!

Related Post

Induk Perusahaan Google Temui Pejabat Pajak Indonesia

Jakarta - Eksekutif senior Alphabet, induk perusahaan Google, dari kantor pusat Asia Pasifik dikabarkan telah bertemu dengan pejabat kantor pajak Indonesia. Demikian dikabarkan sumber terkait yang dikutip detikINET dari Reuters.Kedatangan para bos Alphabet itu adalah...

Agar Tak Dikejar Pajak, Selebgram Hingga Youtubers Bisa Ikut Tax Amnesty

Malang - Selebgram hingga youtubers diincar untuk membayar pajak. Namun, jika mereka selama ini tidak pernah lapor dan membayar pajak, maka bisa mengikuti program tax amnesty yang sedang bergulir saat ini."Kalau mereka sudah lama nggak pernah lapor dan nggak pernah...

Amnesti Pajak Sumbang Kenaikan Rasio Pajak 1,08% Terhadap PDB

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kadin bidang Kebijakan Moneter, Fiskal, dan Publik, Raden Pardede mengatakan, pelaksanaan amnesti pajak pada tahun ini akan meningkatkan rasio pajak 1,08% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Dan ini merupakan bentuk usaha pemerintah agar...

Keluhan Pegawai Pajak untuk Sri Mulyani Soal Penangkapan KPK

Jakarta - Penangkapan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akibat dugaan kasus suap memicu kekecewaan banyak pihak, khususnya para pegawai di lingkungan Ditjen Pajak yang selama ini menjunjung...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *