UPGRADE MESIN M40 KE M43 UPDATE

 Sangat dinanti dan banyak dicari oleh pengguna mesin e36 m40 dan e30 m40. Untuk mengupgrade mesin menjadi m43, dari judulnya tidak mengganti mesin ke m43 melainkan hanya memngganti beberapa komponen mesin m40.
Mesin m40 adalah mesin yang banyak di keluhkan oleh penggunanya yaitu masalah bunyi tek tek tek yang sedikit mengganggu. Pada dasarnya bunyi tersebut tidak menjadi permasalahan. Akan tetapi buat pengguna yang perfect bunyi ini sangatlah menggangu.
Komponen yang mengakibatkan bunyi tesebut adalah adanya benturan antara rocker arm dan katup karena terjadi celah. Cara mengatasinya dengan mengganti semua HVA. Bunyi tersebut bisa hilang.
Lalu kenapa harus upgrade ke m43 ? Berbeda dengan M40 mesin M43 sudah menggunakam timing chain dan roller pada rocker armnya. Hal ini yang memuat mesin m43 lebih senyap pada bagian mesinnya. Tenaga yang dihasilkan pun lebih besar. Roller pada rocker arm membuat mesin M43 menjadi lebih ringan. 

Ok langsung ke pembahasan utama apa saja yang harus diupgrade. Mesin m40 dan m43 tidak banyak perbedaan pada bagian kepala silindernya. M40 dan m43 menggunakan HVA yang sama. Yang perlu diupgrade adalah rocker arm. Nanum tidak cuma plug n go. Rocker arm m40 dan m43 berbeda dari segi bentuk dan dimensinya. Dari sisi bentuk hanya berbeda pada bagian rollernya saja. Dari segi yang lain rocker arm m40 tidak langsung menekan ujung katup tetapi mengunakan penahan / sim untuk menekan katupnya. Untuk m43 rocker arm langsung menekan ujung batang katup.
Jadi jika rocker arm m43 langsung dipasang akibatnya ujung rocker arm akan membentur per katup. Karena ujung katup m40 lebih masuk ke dalam. Untuk m43 ujung katup akan nonjol alias lebih tinggi dari per patup.
Jadi anda harus mengganti semua per dan kompoen katup pendukung lainnya supaya katup dan rocker arm m43 bisa masuk di m40.

Secara otomatis anda harus melakukan turum mesin sebagian karena harus mengganti per katup. Sparepart yang harus disiapkan adalah :
1. Paking top set.
2. Rocker arm m43 8pcs.
3. Sepaket per katup m43 8pcs dan bantalan atas dan bawahnya. Per m43 Hanya ada 1. Berbeda dengan M40 Yang menggunakan 2 per.
4. Hva bila perlu ganti dengan yang baru 8pcs.
5. Kopi panas untuk menemani saat turun mesin.

Jika semua part sudah anda siapkan baru anda pasang ke mesin m40.
Sedikit informasi untuk menambah performa mesin m40 anda perlu mengganti noken as dengan m43. Langkah ini diambil untuk meng optimalkan kinerja mesin.
Nanum pada proses ini anda harus memodifikasi noken as m43 agar dapat masuk ke kepala silinder m40.
Catatan :
1. Jika terdapat Gap antara HVA dan Rocker arm anda bisa ganjal HVA pada bagian bawahnya dengan ring 10 Tebal.
2. Bila bagian atas katup terlalu nempel dengan rocker arm, bisa grinda sedikit roker arm, atau bila tidak repot ganti katupnya. karena betuk kepala atas katup M43 lebih tinggi dibanting M40. Namun Panjang katup Sama 6.94mm

Ukuran Katup M40 dan M43 sama persis
In 42mm / 6.94mm Standar
Out 36mm / 6.94mm Standar
Ada juga katup yang overzise ketinggiannya mulai dari 0.1 mm s/d 0.2mm

Semoga artilel ini bisa menjadi inspirasi bagi pengguna m40.

Induk Perusahaan Google Temui Pejabat Pajak Indonesia

Jakarta - Eksekutif senior Alphabet, induk perusahaan Google, dari kantor pusat Asia Pasifik dikabarkan telah bertemu dengan pejabat kantor pajak Indonesia. Demikian dikabarkan sumber terkait yang dikutip detikINET dari Reuters.Kedatangan para bos Alphabet itu adalah...

Agar Tak Dikejar Pajak, Selebgram Hingga Youtubers Bisa Ikut Tax Amnesty

Malang - Selebgram hingga youtubers diincar untuk membayar pajak. Namun, jika mereka selama ini tidak pernah lapor dan membayar pajak, maka bisa mengikuti program tax amnesty yang sedang bergulir saat ini."Kalau mereka sudah lama nggak pernah lapor dan nggak pernah...

Amnesti Pajak Sumbang Kenaikan Rasio Pajak 1,08% Terhadap PDB

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kadin bidang Kebijakan Moneter, Fiskal, dan Publik, Raden Pardede mengatakan, pelaksanaan amnesti pajak pada tahun ini akan meningkatkan rasio pajak 1,08% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Dan ini merupakan bentuk usaha pemerintah agar...

Keluhan Pegawai Pajak untuk Sri Mulyani Soal Penangkapan KPK

Jakarta - Penangkapan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akibat dugaan kasus suap memicu kekecewaan banyak pihak, khususnya para pegawai di lingkungan Ditjen Pajak yang selama ini menjunjung...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *